e-Book Al-Qur’an untuk Kindle

note: ini sementara sudah saya coba di Kindle Paperwhite (PW gen 1) dan Kindle Touch (okt 2013, firmware 5.3.7) dg format AZW3, belum tau gimana di Kindle lain.

note : untuk Kindle Paperwhite 2 (PW gen 2) sebaiknya ikut saran sdr Truly : menggunakan kindle-linkfonts  http://www.mobileread.mobi/forums/showthread.php?t=225030

Sudah cukup lama saya berniat mengganti kitab Al-Qur’an milik saya – paper based, yang hurufnya sudah mulai sulit untuk saya baca – menjadi bentuk e-book. Pilihan device jatuh pada Kindle Paperwhite, tapi saya mengalami kesulitan mendapatkan text Al-Qur’an dalam bentuk e-book.

Yang saya maksud e-book Al Qur’an adalah bentuk yang reflowable, bukan yang asalnya pdf dan kemudian di-convert menjadi format e-book. Bentuk pdf tidak sesuai untuk ebook reader karena pdf sebenarnya adalah fixed position format, dan ebook reader mengalami kesulitan menampilkannya. Belum lagi ketiadaan index atau daftar isi yang menyulitkan navigasi.

Karena itu saya coba membuat sendiri format e-book Al-Qur’an. Untuk menjamin keakuratan naskahnya, saya menggunakan sumber text arabic dari http://tanzil.net/download/ dan terjemahannya dari http://tanzil.net/trans/ yang diunduh dalam format xml sebagai berikut :

  • Text Arabic : Tanzil Quran Text (Simple Enhanced, version 1.0.2)
  • Terjemah Bahasa Indonesia : Depag RI (id.indonesian, Last Update: June 4, 2010)
  • Tafsir Jalalayn : Jalal ad-Din al-Mahalli and Jalal ad-Din as-Suyuti (id.jalalayn, Last Update: July 27, 2012)
  • Tafsir Muntakhab : Muhammad Quraish Shihab dkk (id.muntakhab, Last Update: April 28, 2011 – saya edit memisahkan beberapa ayat yang tafsirnya menyatu/duplikasi)

Sedangkan Terjemahan Bahasa Inggris :

  • Translation Saheeh : Saheeh International (en.sahih, Last Update: April 24, 2011)
  • Translation Shakir : Mohammad Habib Shakir (en.sahih, Last Update: June 22, 2010)
  • Translation Hilali & Khan : Muhammad Taqi-ud-Din al-Hilali and Muhammad Muhsin Khan (en.hilali, Last Update: December 13, 2010)

Setelah melewati proses dari sumber asli xml melalui transformasi xsl menjadi html dan digabung/diedit menjadi EPUB menggunakan Sigil  kemudian dikonversi ke AZW3 menggunakan Calibre maka jadilah ebook Al-Qur’an. Saya mempergunakan format AZW3 karena ternyata tampilannya paling baik bagi saya. (Format favorit saya adalah epub – saya kurang suka dengan proprietary format milik amazon seperti mobi dan azw – tapi apa boleh buat, kindle tidak mau menampilkan epub secara native.)

Tentu saja tampilan huruf arab di Kindle belum menarik karena masih menggunakan font standar Kindle.

default-fonts_tn

Tampilan masih menggunakan fonts standar Kindle, sulit untuk dibaca

Untuk itu kita perlu menambahkan sendiri font untuk huruf arab.

Rekomendasi Fonts Arabic untuk Kindle

Ada beberapa fonts yang menurut saya cukup baik untuk display tulisan Al-Qur’an di Kindle. Download langsung dengan mengklik link terkait.

  •  KFGQPC Uthman Taha Naskh : King Fahd Quran Complex (regular) dan (bold). Fonts ini indah akan tetapi sedikit membingungkan buat saya karena posisi Shadda+kasra yang terletak di atas.

Fonts Scheherazade and Lateef sebenarnya cukup advance, karena bisa di tune up akan tetapi tampilannya di Kindle terlalu kecil.

arab-fonts

Menambah Fonts di Kindle

Anda dapat menambah fonts di Kindle tanpa hack ataupun melalui proses jailbreak seperti disebutkan pada thread di mobileread forum. Dengan cara ini kita akan menambah fonts di atas untuk menampilkan huruf arab dengan lebih baik.

Caranya sederhana, yaitu :

1. Buat file kosong (bisa mempergunakan notepad : new, tidak usah isi apa-apa, kemudian save) dengan nama USE_ALT_FONTS
2. Persiapkan file fonts (jenis TTF atau OTF), dengan menamakan ulang variasi file seperti berikut :

Fontname-Regular.ttf

Fontname-Italic.ttf

Fontname-Bold.ttf

Fontname-BoldItalic.ttf

Jika hanya ada satu file ttf atau otf, copy dan kemudian rename saja mengikuti pola nama di atas. Lakukan hal yang sama untuk font lain yang akan ditambahkan.

3. Plug kindle ke komputer (USB mode)
4. Gunakan file explorer untuk meng copy file USE_ALT_FONTS ke root directory kindle
5. Buat folder “fonts” jika belum ada di root directory kindle, dan copy file-file fonts ke folder tersebut.
6. Jika proses copy selesai, eject kindle dari komputer. Restart kindle dengan mengakses Settings > Menu > Restart
7. Setelah restart anda akan mendapatkan fonts baru jika mengakses tombol “Aa”, termasuk fonts bawaan kindle yang tersembunyi.

Download e-book Al-Qur’an untuk Kindle

E-book ini dilengkapi dengan daftar isi yang link dengan setiap awal surah. Daftar isi terdapat pada awal ebook dan dapat juga diakses melalui menu “Go To”

TOC_tn

Download file zip yang diinginkan dari link di bawah, extract, kemudian sideload ke kindle menggunakan Calibre atau upload ke account amazon jika punya (saya lebih suka menggunakan Calibre).

Ada dua jenis e-book Al-Qur’an yang saya buat.

Pertama : adalah text Arabic tersendiri, dan untuk mengakses terjemahan dengan cara menyentuh / tap nomor ayat yang berisi link ke terjemahan. Pada terjemahannya ada beberapa opsi link lebih lanjut jika menghendaki versi terjemahan lain.

Download Qur’an dengan terjemahan : Bahasa Indonesia (4.6 MB) atau English (3.2 MB)

QFull

Arabic text dan terjemahan yang terpisah

Kedua : adalah text Arabic disertai dengan terjemahan untuk setiap ayat berselang seling (terjemahan inline) dengan beberapa opsi link terjemahan versi lain.

Download Qur’an dengan terjemahan inline : Bahasa Indonesia (4.9 MB) atau English (3.4 MB)

screenshot_2013_01_31T03_11_47-0849_tn

Arabic text yang diselangi terjemah tiap ayat

Karena saya hanya punya Kindle Paperwhite, maka e-book ini hanya bisa saya uji coba di KPW (aplikasi Kindle Previewer tidak bisa menggunakan font tambahan). Silakan sharing bagaimana tampilannya di device lainnya.

tambahan okt 2013 : positif bisa di Kindle Touch juga, firmware 5.3.7 tanpa perlu jailbreak.

Jika ditemukan kekurangan mohon diinformasikan.

Semoga bermanfaat.

fatihah_2_sizes

Arabic Text dengan ukuran font 4 dan 5 di Kindle

, , , , ,

  1. #1 by Catur W on February 8, 2013 - 17:44

    saya pakai kindle touch 3G dan tidak bisa berubah font arabicnya, tetap dengan yang default

  2. #2 by amri on February 8, 2013 - 18:50

    maksudnya nambah font? coba lihat di mobileread forum :
    http://www.mobileread.com/forums/showthread.php?t=187752
    dan
    http://www.mobileread.com/forums/showthread.php?p=2100516
    itu caranya agak beda dikit untuk KT.

  3. #3 by Catur W on February 8, 2013 - 20:16

    tambah fontnya tidak berhasil, huruf arabnya masih default. saya pakai windows, apa root directorynya itu folder yang buka ketika ada pop up “open folder” ? jangan2 saya salah nempatin file notepadnya

  4. #5 by Catur W on February 9, 2013 - 11:22

    akhirnysa saya berhasil menginstall ixtab dan jailbreak-nya, ketika saya ikuti langkah untuk tambah font noorehuda, berhasil masuk ke ixtab hanya saja setiap pilih font tersebut, kindle saya restart😦
    BTW terimakasih saran-saran dan tutorialnya

  5. #6 by depert on May 12, 2013 - 01:57

    saya coba install font di kindle keyboard sudah update 3.4 pakai cara diatas sesuai dengan langkah-langkahnya. tapi fontnya tidak tampil sewaktu tekan tombol Aa. Apakah ada solusi yang bisa membantu saya ?

  6. #7 by amri on May 14, 2013 - 06:11

    coba lihat di link http://chriskrycho.com/web/custom-fonts-on-kindle
    pada step 4 ada petunjuk untuk Kindle Keyboard : install calibre, install kindle collection plugins dst… silakan dicoba karena saya ndak punya Kindle Keyboard.

    untuk sistem Kindle3/Kindle4 bisa juga lihat di http://www.mobileread.com/forums/showthread.php?t=99355
    (btw, kindle keyboard itu kindle 3 ya?)

  7. #8 by Nia LaViva on July 10, 2013 - 10:35

    serius berhasil ubah font mas? Saya kok gak bisa, udah coba berbagai cara hasil browse sana-sini. Tetep aja tampilan font arabic nya standard.Saya pake Kindle 4. Ada saran-saran atau trik-trik lain gak?

    • #9 by amri on August 10, 2013 - 09:48

      kalo untuk Kindle 5 / paperwhite udah gak masalah, itu screenshot nya ada, Udah sy pake beberapa bulan ini jadi ganti Qur’an yg paper based.
      untuk Kindle 4 itu yg saya gak bisa jamin, karena emang gak punya device nya.

  8. #10 by titis on September 25, 2013 - 21:12

    awsome, udah lama nyari al Quran versi kindle, transletan pake bahasa indonesia.. mudah2an tuambahan banyak pahalanya.. ya mas Amri

  9. #11 by titis on September 25, 2013 - 21:16

    btw, it works for my kindle touch wifi..udah dijailbreak.. dibuat folder font, isinya ada diatas.. terus buat file USE_ALT_FONTS di root directory kindle… waaalaah..

  10. #12 by amri on October 3, 2013 - 06:20

    Titis:
    Terimakasih feedback utk KT wifi.
    Saya jg baru dapat KT Wifi kemarin, update firmware 5.3.7, pake USE_ALT_FONTS tanpa jailbreak dulu. Bisa display arabic fonts dengan baik.

  11. #13 by truly on January 20, 2014 - 11:37

    terima kasih ebook al quran-nya, pak amri.
    untuk pw2, cara menambahkan fonts di atas tidak berlaku lagi. pakai kindle-linkfonts terbaru: http://www.mobileread.mobi/forums/showthread.php?t=225030

    • #14 by amri on February 14, 2014 - 00:16

      terimakasih untuk informasi kindle-linkfonts di paperwhite 2, soalnya cuma punya yg pw 1.

  12. #15 by chaidir on January 22, 2015 - 17:16

    Assalamu’alaikum mas Amri,

    saya baru punya kindle dan langsung nyari al quran untuk kindle dan akhirnya mampir ke blog ini.
    setelah coba download, sepertinya linknya sudah ga update lagi ya. Boleh minta tolong di upload ulang, Mas.

    Makasih sebelumnya ya.

    • #16 by amri on February 2, 2015 - 22:17

      wa’alaikum salam mas Chaidir.
      iya, file hosting nya ternyata ada masalah. file saya pada kehapus semua.
      sedang re-upload. bisa dicoba download kembali.
      terimakasih info nya.

  13. #17 by nauval on April 23, 2015 - 10:42

    Terima kasih mas Amri atas usahanya. Saya sudah coba di kindle paperwhite, namun tanda berhenti nya tidak terbaca, jadi terlihat kotak-kotak semacam unknown character. Kira-kira mas ada saran untuk bisa mengatasi masalah tersebut?

    • #18 by amri on April 25, 2015 - 18:58

      character kotak2 berarti font yg digunakan oleh kindle belum font yg arabic.
      walaupun font arabic sdh terinstall, kadang kindle pw sy suka reset ke font defaultnya, jadi kadang saya harus restart kindle supaya font arabicnya dikenali.

  14. #19 by Eka on June 20, 2015 - 12:03

    Assalamu’alaikum mas Amri.
    Terima kasih banyak untuk filenya dan tipsnya..Sudah saya download dan bisa saya ganti juga fontnya walalupun dengan membaca berulang-ulang hehhehe..
    Semoga bisa menjadi amal yang terus mengalir untuk panjenengan atas share Ilmu yang bermanfaat sekali ini.

    • #20 by amri on June 21, 2015 - 06:41

      wa ‘alaikumsalam.
      terimakasih informasinya dan semoga berguna.

  15. #21 by maks on January 17, 2016 - 14:21

    Terima kasih. Bisa dikindle gen 7 👍

  16. #22 by Aiman on March 17, 2016 - 19:32

    Assalamualaikum Mas, terimakasih Alqurannya sangat bermanfaat. Saya mahasiswa tinggal di Jepang dan membeli kindle dari sini. Adakah referensi forum2 kindle Indonesia? Karena saya masih pemula dan ingin baca2 ebook Indonesia

  17. #24 by Isa on May 14, 2016 - 17:18

    Terima kasih banyak atas how-to nya. Saya pakai Kindle Paperwhite 2015. Berhasil dan lancar. Hanya kurangnya, install font arab-nya hanya bisa satu, dan tidak ada pilihan untuk pilihan font arab di screen reader-nya. Utk terjemah Indo ada yang kurang spelling-nya (ttp lupa di ayat brp). Overall good job. Insya Allah menjadi amal jariah.

    • #25 by amri on May 14, 2016 - 18:10

      Terimakasih informasinya jika berhasil di PW 2015.
      Memang Amazon sampai sekarang kayaknya masih kurang serius menggarap fasilitas font asia di Kindle, jadi terpaksa workaround begini. Masalah terjemahan yang saya ambil dari tanzil.net memang ada beberapa mis spelling, walaupun saya coba perbaiki sedikit-sedikit, masih ada aja kekurangannya.

  18. #26 by Isa on May 17, 2016 - 01:28

    Tambah sedikit lagi… utk font dari King Fahd Quran Complex, saya menggunakan file yang di main page: http://fonts.qurancomplex.gov.sa/download/UthmanicHafs1Ver09Font.zip . Hasilnya bagus sekali, sama dengan yang versi sebelumnya ttp dengan tanda bacaan dan tanda berhenti yang sudah disempurnakan lebih indah.

    • #27 by amri on May 22, 2016 - 17:38

      Uthmanic HAFS bagus font-nya.
      Terimakasih informasinya Mas Isa.

  19. #28 by aurum on June 20, 2016 - 01:08

    Kebetulan sekali saya sedang cari2 ebook Al-Quran. Kebanyakan yang saya temui ebooknya berformat pdf yang susah dinavigasi… jadi senang sekali begitu ketemu website ini. Langkah-langkah tambah font-nya juga simple dan jelas. Bermanfaat sekali, terima kasih Mas Amri.
    P.S.: Kemarin saya coba font Noorehuda tapi tanda waqafnya tidak terbaca (punya saya tipe Kindle Touch)… lebih recommended yang Uthmanic Hafs🙂

  20. #29 by Dedek Siregar on July 6, 2016 - 04:12

    Masyaa Allah luar biasa mas Amri…. sebagai pengguna Kindle, lama saya mencari dan ahirnya ketemu juga. akan segera saya coba di paperwhite touch saya. Semoga Allah memberkahimu….

    • #30 by amri on July 7, 2016 - 08:26

      Terimakasih
      Semoga bermanfaat

  21. #31 by Dhiku on July 18, 2016 - 10:05

    Alhamdulillah, saya mencari informasi soal baca quran di Kindle dan ketemu blog ini. Sudah dicoba tips nya dan berjalan lancar. Terima kasih sekali lagi

  22. #32 by ijulmagribi on September 17, 2016 - 00:54

    Bermanfaat sekali sharingnya mas. Berjalan lancar di KPW 2015 saya. Masalahnya sama dg mas Isa, cuma bias satu fonts, jadi harus pilih mana yg paling cocok. Terimakasih sekali ilmunya mas, smg jd amal jariyah.

  23. #33 by Gema Satria on October 22, 2016 - 23:52

    Alhamdulillah. Udah lama sejak beli Paperwhite 3 ini pengen bisa ada alqurannya. Cari di Kindle Store ada tuh bikinannya orang barat tapi kok arabnya gak keluar. Googling2 eh ketemu blog ini. Seluruh langkahnya saya jalanin, jelas banget, dan lancar bekerja di paperwhite 3 saya. Makasih banyak ya mas, semoga ini jadi amal jariyah. Berkah Allah untuk mas dan sekeluarga.

  24. #34 by Helmi on October 30, 2016 - 07:25

    jazakallah mas amri, semoga jadi jariyah. alhamdullillah bisa dipakai di kindle sya

    sekalian nanya, saya sudah masukkan 3 fonts untuk KFGQPC regular dan bold + yang HAFS. namun ketika mengakses ke tombol “Aa” tidak ada pilihannya sesuai dengan format fontnya ya..? mohon pencerahannya.

    Syukron

    • #35 by amri on November 26, 2016 - 05:48

      Terimakasih. Kemungkinan anda menggunakan Kindle dengan firmware baru. Untuk Kindle Paperwhite dg firmware sebelum 5.4, masih bisa tampil lebih dari 1 custom fonts. Jika firmware lebih baru, trik use_alt_fonts cuma bisa menggunakan 1 font, dan tidak muncul pilihannya pada menu “Aa”. CMIIW karena saya hanya punya Kindle paperwhite dg firmware 5.3 .x dan sudah lama tidak mau mengupdate firmware😀

      • #36 by Isa on November 27, 2016 - 15:46

        Saya coba pakai kindle firmware versi 5.6.5 masih bisa kok. Ttp memang hanya bisa 1 custom font dan memang nggak kelihatan kalau di menu A.

Leave a Reply

